About Me

Foto Saya
Belajar-Ilmu
Lihat profil lengkapku

Selasa, 27 Desember 2011

Analisa Blog Menggunakan Google Analytics

Ok saya ini akan memposting Analisa Blog Menggunakan Google Analytics.  Raksasa Search Engine dunia ini yaitu mbah google pasti sudah banyak yang mengenalinya. Hampir setiap hari orang-orang dari berbagai belahan penjuru dunia beribu-ribu blog atau web memasukan kata kunci atau yang bahasa gaulnya keyword ke search engine ini untuk mencari sesuatu. Tak dapat dipungkiri lagi jika Google saat ini merajai Search Engine di dunia, di bawah Yahoo, Bing, dll.

Dengan menggunakan keyword yang tepat, blog kita pastinya akan bisa bersaing dengan para web - web master di seluruh penjuru dunia. Tapi anda tinggal menggunakan Kata Kunci atau Keyword yang tepat sekali ?
 
Tentu saja bukan keyword ajah tapi, ada banyak teknik SEO lainnya untuk memasuki posisi sebuah situs di search engine mbah google. Tapi saya tidak akan membahas teknik SEO karena untuk sekarang saya akan membahas mengenai analisa blog.

Untuk menganalisa blog, kita membutuhkan situs ata web khusus untuk menganalisa blog yang saat ini banyak terdapat di internet, dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Untuk itu, saya coba memberikan satu situs atau web gratis yang saya yakin paling terlengkap dalam menganalisa blog, yaitu Google Analytics.

Di sini kita bukan hanya bisa melihat jumlah pengunjung blog atau status kemajuan blog kita ajah, tapi kita dapat melihat halaman blog yang paling banyak dikunjungi, asal negara pengunjung, browser yang digunakan oleh pengunjung blog kita, koneksi internet yang digunakan oleh pengunjung blog kita, kunjungan berasal dari mana (search engine atau dari blog lain), dan lain-lain.



Jika anda berminat untuk menggunakan jasa google analytics untuk menganalisa blog sobat, silahkan kunjungi situs atau web analisa gratis :  Google Analytics.

  • Registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan Google Account.
  • Setelah itu masukkan url blog anda dan negara asal, kemudian anda klik Continue.


  • Kemudian masukkan nama anda, kemudian anda klik Continue lagi.


  • Contreng radio button “Yes, I agree to the above terms and conditions” lalu anda harus klik tombol Create New Account.
  • Setelah itu anda akan mendapatkan kode script seperti contoh gambar di bawah ini.


  • Copy kode script tersebut dan letakkan sebelum tag </head> pada template blog anda.
  • Jika belum tau cara meletakannya, silahkan login ke blogger dengan ID sobat.
  • Klik tab Edit HTML.
  • Kemudian cari tag </head> dan letakkan kode script yang anda dapat dari google analytics sebelum tag </head> atau di atas tag </head>
  • Jangan lupa Simpan Template.
  • Setelah selesai mengcopy paste script tersebut di blog sobat, klik Save and Finish pada halaman bawah google analytics.

Tapi anda harus sabar. Tunggulah beberapa hari untuk mengevaluasi blog anda, karena google analytics tidak akan bisa membaca blog anda dengan sekejab, nah wong kode script-nya aja baru dipasang barusan, jika pada halaman google analytics tersebut muncul statistik blog sobat, wah selamat ya berarti blog anda berasal dari alam lain.

Untuk menggunakan google analytics, silahkan sobat lihat pada dashboard terdapat beberapa tools, mulai dari visitors overview, map overlay, traffic source overview, dan content overview.


Klik saja satu persatu tombol view report yang ada dibawah tools masing-masing, anda akan mendapatkan detail dari blog anda.

1. Visitors Overview


Disini anda bisa melihat Total Unique Visitors dan New Visits (pengunjung baru). Sobat juga bisa melihat Technical Profile, yaitu browser dan koneksi internet yang digunakan pengunjung blog anda.

Technical Profile

Terlihat gambar diatas bahwa Firefox masih yang paling banyak di gunakan saat ini. 

2. Map Overlay


Pada gambar diatas terlihat jelas bahwa aku cinta blogger Indonesia karena paling banyak pengunjung blog saya berasal dari negeri tercinta ini alias indonesia. 

3. Traffic Source Overview

traffic source

Disini jelas terlihat bahwa 63,30% pengunjung blog ini datang dari search engine. Yang lain referring sites, seperti berasal dari blogger, blogcatalog, dan sebagainya.

4. Content Overview

page detail

Terlihat jelas bahwa postingan saya tentang mengganti background blog dengan gambar yang paling banyak pengunjungnya. Sebelumya, cara membuat artikel terkait yang paling banyak pengunjungnya, tapi sekarang sudah di geser posisinya dan melorot ke posisi 3 La Liga.

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil

Terima kasih atas kunjungannya.

2 komentar:

Terima kasih sudah mau menyebarkan artikel ini ke blog Anda. Tapi saya minta linkbacknya jangan lupa ya gan :)

New Template

Popular Posts

Blog Archive

 

New Tutorial

Jika anda menyukai blog ini atau menyukai artikel di blog ini silakan anda berlanggan artikel di blog ini:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Belajar-Ilmu by Email

Follow Us With Facebook

Rahasia Master SEO
© 2010 Belajar-Ilmu
Template by : O-Zone Blogger Abstrak